HeadlineLampung Raya

Kanwil Agama siap Kolaborasi dengan PW IPHI Edukasi Masyarakat Agar Tidak Tertipu Biro Perjalanan Haji dan Umroh

BANDAR LAMPUNG – Pengurus Wilayah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Provinsi Lampung bersilaturahmi dengan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, Puji Raharjo.

Silaturahmi rombongan PW dan MTP IPHI dipimpin ketuanya H Thobroni Harun dan diterima di ruang Kakanwil, Jumat 11 November 2022.

Selanjutnya, Ketua PW IPHI Provinsi Lampung Tobroni Harun mengutarakan maksud kehadirannya bersama jajaran adalah dalam rangka silaturahmi dan mempererat hubungan antar kelembagaan.

“Selain itu, kami juga ingin menindaklanjuti program kerja IPHI yakni kerja sama. Karena Kementerian Agama ini memiliki struktur organisasi sampai di kecamatan, maka kami IPHI ingin bekerjasama dalam hal pembinaan jemaah haji hingga pelosok daerah. Alhamdulillah interaksi kita dengan Kementerian Agama baik di Kabupaten maupun Kota selalu kita libatkan dalam struktur organisasi, seperti sekretaris dan juga bidang-bidang,” sebutnya.

Tobroni menyatakan bahwa pihaknya siap bekerjasama dan menopang kegiatan-kegiatan yang diadakan Kanwil Kemenag Provinsi Lampung. Dalam rangka sinergitas serta demi kepentingan jemaah dan pemerintah.

“Kami berharap kerja sama ini dapat berkelanjutan. Selain itu, saat ini IPHI juga memiliki produk berupa mie instan ( Mie Haji). Oleh sebab itu, kami mohon agar produk dan program kami mendapat dukungan dari Kakanwil. Harapan kami koperasi di madrasah juga dapat menggunakan produk kami ini,” ujarnya.

Tobroni melanjutkan, PW IPHI Provinsi Lampung memiliki agenda dalam waktu dekat. Yakni pelantikan pengurus IPHI Provinsi Lampung yang rencananya akan diselenggarakan pada Bulan Desember 2022.

“Kami juga bermaksud mengundang Pak Kanwil agar dapat hadir pada acara tersebut. Mohon dukungan serta doa agar acara kami dapat berlangsung dengan baik dan lancar,” ucapnya.

Puji Raharjo, Kakanwil menyatakan bahwa kehadiran IPHI akan semakin mempererat bimbingan terhadap jemaah haji di Provinsi Lampung.

Ditambahkan Puji Raharjo banyak hal yang dapat dilakukan kedua belah pihak dalam mensosialisaikan program program untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Hal ini merupakan sebuah kekuatan yang besar. Namun, kekuatan besar ini kalau tidak terorganisir dengan baik maka tidak akan memberikan kontribusi apa-apa. Karenanya, ini adalah sesuatu yang luar biasa untuk kita semua. Saya tentu banyak berharap kita bisa bersama-sama dengan pemerintah dalam membangun harmoni,” kata Kakanwil didampingi Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Ansori.

Kakanwil menyebutkan, keberadaan IPHI memiliki peran strategis dalam pembinaan dan pemberdayaan umat serta ikut berpartisipasi aktif dalam membangun umat muslim.

“Sehingga diharapkan IPHI bisa berkontribusi dalam penyelesaian masalah-masalah yang terdapat di masyarakat. Saya titip pesan kepada para IPHI Provinsi Lampung terkait waiting list jemaah haji. Mohon bantu sampaikan kepada masyarakat bahwa nanti jika kuota haji sudah kembali normal, maka akan mengalami pergeseran,” ungkapnya.

Masih kata Kakanwil, saat ini banyak jemaah yang tergoda dengan rayuan travel atau biro perjalanan umrah. Godaan tersebut berupa penarikan dana pendaftaran haji untuk membayar biaya perjalanan umrah.

“Maka kami meminta bantuan kepada Bapak-bapak yang hadir disini untuk membantu edukasi atau menginformasikan kepada masyarakat bahwa waiting list itu selalu maju. Pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama telah berusaha untuk meminta tambahan kuota haji kepada Pemerintah Arab Saudi. Maka yang terpenting adalah kita yakinkan masyarakat bahwa kuota jemaah akan semakin berkembang. Ini merupakan salah satu bentuk perlindungan terhadap jemaah agar jangan sampai tertipu,” paparnya.(noer)

Related Posts

Load More Posts Loading...No More Posts.