Lampung Raya

Refeksi ahir Tahun Bareng Kejari, Sekolah du Mesuji Minta pelatihan TPPK

Mesuji-Musyawarah Kerja Kepala Sekolah(MKKS) Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kerjuruan(SMA-SMK) Kabupaten Mesuji,Kamis(28/12) melaksanakan Refleksi ahir tahun 2023 bereng Kejaksaan Negri(Kejari) Kabupaten Mesuji, yang di lakukan di aula rapat kantor Kejaksaan setempat.

Dalam Kesempaten tersebut Kepala Sekolah SMA Negri 1 Simpang Pematang, Yunita Sari meminta kepada pihak kejaksaan untuk memberikan pelatihan kepada Tim pencegahan dan penangana  Kekerasan(TPPK)  yang ada di sekolah.

Menurutnya hal ini penting, sehingga pihak sekolah tahu cara penanganan jika terjadi kasus kekerasan dan pelecehan seksual di lingkungan sekolah.

“hingga saat ini sejak tim TPPK disekolah di bentuk kami belum mendapatkan pelatihan dari pihak manapun untuk penanganan kekerasan dan pelecehan seksual jika terjadi di lingkungan sekolah, untuk itu kami berharap pihak kejaksaan dapat memberikan kami pelatihan,”pintanya.

Menyikapi permintaan tersebut, Kepala Kejaksaan Negri Mesuji Azy Tyawardhana,SH.MH, mengatakan jika pihak Kejaksaan Negri Mesuji siap memberikan pelatihan, Namun begitu untuk penanganan masalah kekerasan terhadap anak perlu dilibat berbagai pihak seperti Kepolisian melalaui Unit Perlindungan Perempuan Dan Anak(Unit PPA), Pemerintah Daerah melalui Dinas PPA dan Lembaga sosial dan masyarakat yang konsen terhadap masalah tersebut.

“pada dasarnya Kejari Mesuji siap, walau hingga saat ini Kejari mesuji belum memilik Jaksa yang berkompeten terhadap masalah tersebut,selain itu untuk materi kekerasan dan pelecehan seksual terhadap anak juga  harus melibatkan berbagai pihak,baik Polri,pemkab dan LSM atau Ormas yang konsen terhadap masalah tersebut sebagai pemateri,”terang Azy.

Ditempat yang sama, Ketua Forum MKKS SMA kabupaten Mesuji Sudomo, mengatakan Refleksi ahir tahun ini bertujuan  sebagai sarana melakukan  evaluasi kinerja selama satu tahun anggaran yang sudah di lalui,”yang kami apresisasi adalah program Jaksa Masuk Sekolah(JMS) kami berharap program ini dapat di tindak lanjuti dengan program yang lebuh kongrit, sebagai kelanjutan dari program JMS,””terang Sudomo.

Selain hampir seluruh Kepala Sekolah SMA dan SMK  baik Negri dan Swasta di Kabupaten Mesuji, Turut Hadir Mendampingi Kepala Kejaksaan Negri Mesuji antara lain, Kepala Seksi Inteljen(Kasi Intel) Kejari Mesuji Ardi Herliansyah, Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus(Kasi Pidsus) Kejari Mesuji Leonardo Adiguna, dan Jaksan muda Fungsional dilingkup Kejaksaan Negri Mesuji,Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Lampung  wilayah Kabupaten Mesuji dan Tulang Bawang Assofat Kabir.(a3)

Related Posts

Load More Posts Loading...No More Posts.